Pro dan Kontra dari Bekerja dengan Klien Freelance secara Internasional

Dunia adalah tirammu, begitu kata pepatah. Dan ini tidak kalah halnya dengan freelancing, terutama jika Anda bekerja secara online.

Ada potensi seluruh dunia klien yang bersedia membayar untuk keahlian dan keahlian Anda. Namun apakah bekerja dengan klien freelance secara internasional adalah sesuatu yang harus Anda pertimbangkan atau sesuatu yang harus dihindari?

Menurut Laporan Wawasan Freelancer AS baru-baru ini dari PayPal , 58% freelancer memiliki setidaknya satu klien internasional.

Dengan semakin banyak orang memasuki sektor lepas, dan dunia semakin kecil, persentase ini mungkin akan meningkat selama beberapa tahun mendatang. Bagi banyak freelancer online, bekerja dengan klien asing – dan kolega – hanyalah praktik standar.

Tapi bagaimana dengan Anda?

Klien Lepas Internasional: Pro dan Kontra

Ketika mengembangkan bisnis lepas Anda, penting untuk menentukan audiens target Anda. Melakukan hal itu membantu Anda memasarkan layanan Anda dengan lebih baik. Dan salah satu pertanyaan yang mungkin perlu Anda tanyakan pada diri sendiri adalah seberapa jauh, secara geografis dan budaya, Anda ingin pergi ketika menarik klien ideal Anda.

Untuk membantu keputusan Anda, berikut adalah beberapa pro dan kontra dari bekerja dengan klien internasional.

Pro

Proyek yang Mengasyikkan

Semakin besar web Anda, semakin banyak peluang untuk mendapatkan beberapa proyek yang sangat menarik. Tergantung pada fokus ceruk freelance Anda , mungkin ada negara-negara asing lebih di garis depan dalam industri khusus Anda, atau dengan kebutuhan yang lebih besar untuk pro terampil di bidang Anda.

Wawasan Budaya Baru

Bekerja dengan klien internasional memberikan wawasan baru dan menarik ke berbagai budaya. Anda belajar cara-cara baru dalam melakukan sesuatu dalam pekerjaan Anda, metode komunikasi baru, dan Anda bahkan mungkin mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan teman asing baru, semuanya tanpa meninggalkan negara asal Anda.

Pasar yang Lebih Besar

Di AS, hingga 2019, ada 329 juta orang. Populasi dunia adalah 7,7 miliar. Apakah Anda menargetkan individu atau bisnis pribadi, aman untuk mengatakan tidak akan pernah ada kekurangan klien ketika Anda membuka diri ke pasar dunia.

Ini bisa sangat bermanfaat jika Anda menargetkan fokus niche sempit yang menguntungkan , mungkin dalam industri B2B.

Pembayaran yang Berpotensi Lebih Baik

Tergantung di mana Anda tinggal, bekerja secara internasional tentunya dapat menghasilkan upah yang lebih baik .

Anda dapat menikmati mata pencaharian yang sangat baik di beberapa negara hanya dengan membayar sebagian kecil dari apa yang dibutuhkan oleh freelancer di banyak negara Barat.

Plus, di beberapa industri spesialis, Anda mungkin menemukan perusahaan di negara atau wilayah lain bersedia membayar mahal untuk keahlian dan wawasan asli Anda.

Alat Kolaborasi Yang Baik

Teknologi zaman sekarang memungkinkan kita untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan mudah.

Ada banyak aplikasi dan alat yang membuatnya terasa seperti seseorang di sisi lain dunia duduk di sebelah kami di ruangan yang sama. Jarak tidak relevan untuk berbagi data, informasi, dan keterampilan.

Sama tidak relevannya dengan pembayaran juga, terutama dengan perangkat lunak faktur gratis seperti berbagai platform yang menawarkan lebih dari 40 integrasi gateway pembayaran internasional dan berbagai bahasa serta opsi mata uang.

Sekarang mari kita menimbang pro dengan kontra.

Kontra

Zona Waktu

Salah satu cara terbaik untuk menghancurkan segala upaya untuk menjaga jadwal 9-ke-5 adalah bekerja dengan klien di zona waktu yang sangat berbeda.

Misalnya, jika Anda berbasis di Pantai Barat Amerika Serikat dan klien Anda tersebar di seluruh Eropa dan Timur Tengah, Anda mungkin perlu merencanakan beberapa panggilan Skype pagi-pagi sekali.

Anda masih dapat bekerja dengan klien luar negeri tetapi Anda mungkin ingin menargetkan klien hanya dalam beberapa zona waktu yang menguntungkan.

Hambatan Bahasa

Ketika bekerja dengan klien yang bahasa pertamanya bukan bahasa Inggris, ada banyak potensi kesalahpahaman dan berbagi data yang tidak akurat.

Ini pada gilirannya dapat menyebabkan kesalahan yang dapat menunda jadwal proyek dan menciptakan ketegangan.

Jika Anda merasa sulit untuk memahami prospek dan persyaratannya, karena masalah bahasa, terkadang lebih baik untuk mengatakan tidak.

Perbedaan Budaya

Seperti dengan masalah bahasa, perbedaan budaya kadang-kadang dapat menyebabkan pesan campuran dan kesalahpahaman.

Beberapa budaya memiliki etos kerja yang sangat menuntut, sementara yang lain berlawanan dan dapat membuat Anda jengkel.

Norma sosial yang tidak lazim juga dapat menyebabkan penghinaan yang tidak disengaja, yang dapat merusak hubungan freelancer-klien antarbenua.

Perbedaan Mata Uang

Mungkin cukup sulit menentukan harga layanan Anda dalam mata uang nasional Anda.

Saat Anda dihadapkan dengan banyak mata uang dari berbagai belahan dunia, membuat taksiran, proposal, dan faktur dapat membuat segalanya agak membingungkan.

Banyak klien luar negeri akan dengan senang hati membayar dalam dolar tetapi yang lain lebih suka mata uang mereka sendiri.

Risiko Pembayaran

Tidak banyak yang dapat Anda lakukan jika klien internasional di negara lain menolak membayar faktur Anda.

Anda dapat naik pesawat dan terbang setengah jalan di seluruh dunia untuk mengejar pembayaran Anda, tetapi itu bukan pilihan yang diinginkan.

Klien asing tidak lebih atau kurang mungkin untuk menghindari pembayaran daripada sesama warga negara Anda, tetapi Anda hanya memiliki hak hukum yang lebih sedikit ketika harus dibayar.

Itu sebabnya, dan terlepas dari lokasi klien Anda, masuk akal untuk meminta pembayaran di muka sebelum setiap proyek baru.

Memilih klien ideal Anda

Apakah Anda memilih untuk bekerja dengan klien internasional sepenuhnya terserah Anda. Sebagai pekerja lepas, Anda memegang kendali penuh dengan siapa Anda bekerja dan jenis proyek yang Anda terima. Beberapa layanan akan berlaku untuk individu dan bisnis di seluruh dunia sementara yang lain akan spesifik hanya untuk pasar lokal .

Secara umum, lebih mudah dan lancar untuk bekerja dengan orang-orang di negara Anda sendiri tetapi itu tidak selalu benar.

Jika Anda memiliki pikiran dan cinta terbuka untuk bergaul dengan orang-orang dari berbagai budaya dan negara, maka menawarkan layanan Anda kepada dunia mungkin menawarkan tingkat kegembiraan dan kegembiraan baru.

Namun, penting bahwa sebelum Anda memutuskan, untuk mengetahui pro dan kontra bekerja dengan klien freelance secara internasional.

Penutup

Nah, demikianlah sajian informasi dan berita mengenai Pro dan Kontra dari Bekerja dengan Klien Freelance secara Internasional.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memanajemen pekerjaan yang sedang Anda jalani dan semoga bermanfaat menjadikan sebuah amal yang berkah, barokah, bermanfaat dunia dan akhirat.

Dengan demikian pekerjaan ini bisa menjadi sebagai asset kita dalam menghadapi kehidupan yang kekal. Dan ingat segala kuasa hanya pada tuhan semesta alam abadi yang selamat atas ridho Allah SWT Aamiin.

Karena hal ini lah kita dipertemukan untuk belajar dan saling menghargai antar makhluk tuhan yang diciptakan dalam dunia yang sama sehingga harus saling toleransi dan menebarkan kebaikan dan kebenaran.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*